Monday, June 6, 2016

Sekolah bikin Haus

Assalamu'alaikum :)

Udah cukup lama pengen ngias-ngias blog ini, tapi berakhir dengan gatau mau nulis apa. Mungkin efek umur yang bertambah berbanding lurus dengan diri yang jadi mikir-mikir dulu untuk nulis banyak hal. Mikirnya sih: "kalau gue nulis ini nanti ga penting", "kalau gue nulis itu nanti ga bener", "kalau gue nulis begini ngikutin banget dong", gitu aja terus~

eniwei, sempet scroll-scroll draft di blog ini dan ternyata ketemu satu tulisan yang udah jadi tapi gak dipost :') sebuah tulisan dari masa lalu, mungkin pas diri gue lagi demotivasi untuk sekolah. Pun untuk gue yang duduk di bangku kuliah (halah padahal lagi ngetik di atas kasur), hal ini masih menarik :) selamat membaca tulisan anak kelas dua sma!

***

Pengen ngeblog.

Jadi ceritanya lagi mau belajar fisika, tp blm terkumpul cukup mood. Terus nginget-nginget apa yang udah pernah dipelajarin. Terus inget pernah nonton video tentang kinetik gas. Videonya keren sih, bikin semua itu tervisualisasi, apalagi buat gue yang rasanya daya visualisasinya blm sekeren temen-temen sekelas :)) tp oh I remember, i watch it on my bimbel~

Iya juga ya selama kelas XI ini emang gue memutuskan untuk ikut bimbel. Kelas gue ambis, begitupun sekolahnya. Kalau manusia itu makhluk adaptatif, ya gue cuman mencoba mengikuti kodrat manusia :') emang sih ikut bimbel itu bukan satu-satunya jalan, banyak kok jalan yang lain :)) tapi itu kayak milih minuman di kulkas sevel, ada banyak pilihan tinggal sesuain aja selera, harga, dan kebutuhan. Ada kok orang yang bisa belajar sendiri, ada yang bisa belajar bareng temen, ada yang bisa belajar dengan web, ada yang lebih enak privat, ada juga sekolah yang menyuguhkan edukasi yang terus bikin haus bukan kembung.

Tapi ternyata dalam pemikiran gue bimbel itu begitu inspiratif. Gatau kenapa, gue bersemangat. Entah ya, ini sekedar afirmasi positif atau emang gini adanya.Tapi ya begitu adanya (?). Gue sebenernya gak suka sih kalau denger orang lain yang merasa bahwa bimbel/privat itu tempatnya belajar, sedangkan sekolah cuman sebagai tempat sosialisasi dan ulangan. Tapi kadang, sisi pemikiran nakal gue suka ikut-ikutan setuju. Meskipun argumen sisi nakal itu langsung gak valid, karena di sekolah kita juga bisa praktikum :)).

Entah ini hanya pemikiran sotoy, atau ternyata ini juga harapan manusia bumi di luar sana, gue merasa dengan sekolah kita harusnya bisa lebih haus akan ilmu, bukan enek dan kembung. Kenyang sih wajar, tp abis itu laper lagi dong :) (kalau engga ngapain ada kantin (?) #apasihan)

Anyway, salah satu yang bikin gue respect sama bimbel gue adalah suatu motivasi tentang pentingnya sains dr guru gue. Kayak dasar dr invention itu ya ilmu, jadi emang sih science itu terlihat teoritis tp fundamental gt. Isi lainnya gue lupa :') tapi cukup membekas di diri Triana yang diam-diam sedang kepingin jadi ornitholog. I hope it is not copywritten karena gue gak mau nyebut nama XD malu nanti kalau ketahuan diam-diam terinspirasi. dan satu lagi quotes kerennya "mungkin iya ujung-ujungnya ibu rumah tangga, tapi anak yang cerdas itu lahir dari ibu yang cerdas" waa.

Itu mungkin salah satu alasan gue semangat bimbel, inspiratif. Mungkin kalau temen bimbel gue baca tulisan gue yang satu ini mereka bakal mikir gue lebay -_- ya.. yaudah. Gamau nyebut ah nama bimbelnya.

Terus kenapa jadi ngomongin bimbel?

Intinya sebenernya yang gue mau sampaikan di sini, adalah semangat untuk para siswa-siswi se-tanah air (kenapa gak internasional? karena gue nulis pake Bahasa Indonesia). Guys, yuk kita belajar untuk membangun logika kita, untuk belajar konsep, untuk ngambil hikmah dari tiap ilmu. Iya kawan, nilai itu juga penting apalagi untuk ngambil jalur undangan. So let's fight! ini ajakan untuk berjuang dengat kekuatan bareng-bareng, bukan nebeng :)

Ilmu itu luas kok :) beberapa orang hebat drop out dari sekolah, ada ilmuwan yang dianggep gabisa apa-apa di sekolah, dsb. Tapi itu bukan alasan untuk kita gak semangat sekolah dong, percayalah sekolah pada dasarnya itu tempat programming kamu, iya operation system yang kamu pake sekarang (mungkin windows, mac, linux, dsb), gak dibuat langsung jadi kayak gini. Dimulai dr coding mungkin ,  atau sesuatu yang gue gak paham yang dirakit satu persatu sampe akhirnya terwujudlah hal kompleks bernama OS. Ilmuwan dan insinyur yang nyiptain hal-hal hebat juga gak langsung diajarin mekanika, atau genetika langsung kok. Dulunya mereka belajar pertambahan, perkalian, baca, tulis, struktur sel dulu trss disusun sampe bisa mewujudkan penemuan yang kompleks.

Kalau sekolah kamu gak bikin kamu haus, silakan cari sumber-sumber lain, akan lebih baik jika sumber itu bikin kamu sadar arti pentingnya sekolah. Karena (in my opinion, idealnya) sekolah bukan cuman sumber ilmu, tapi tempat pendidikan. Bukan cuman menghasilkan orang berilmu, tapi terididik.

Wow. Betapa gue harus terus semangat sekolah :')
*nampar diri sendiri*

Sebenernya tulisan di atas agak kontradiktif sih, diawali dengan kesan bahwa semangat sekolah yang tergantikan dan diakhiri dengan kesimpulan bahwa sepait-paitnya kita pun harus terus semangat sekolah. Gapapa ya? kalian ngerti kan maksudnya? aku lagi nyemangatin diri ku sendiri untuk semangat sekolah.

ohya, mungkin sebenernya hal-hal yang gue rasain, dan gue salurkan di sini sebagai besar cuman pas sama apa yang ada di lingkungan gue. Atau bahkan sebenernya cuman pada diri gue sendiri. Gapapa ya? kita saling belajar bagaimana perasaan orang lain di belahan bumi berbeda(?)

Yaudah sih. gitu aja.

Triana"

No comments:

Post a Comment