Friday, August 13, 2021

Triana first career

Assalamu'alaikum!

 Bulan ini, genap setahun aku bekerja dalam industri teknologi pendidikan. Tepatnya dalam jalan karier sebagai instructional designer. Panjang bet weh namanya, mari kita singkat menjadi ID.

Karena aku mulai kerja di kala pandemi, aku agak jarang harus interaksi sama teman lama atau orang baru lalu harus bercerita tentang pekerjaanku. Karena menurutku: wah PR juga nih jelasinnya. Pertama, karena profesi ini tidak umum didengar (paling engga, sebelum interview kerja di kantor ku skrg aku teh gatau ada profesi kayak gini hehe). Kedua, karena ada potensi ditanya-tanya,"anak biologi kenapa jadi ID?". 

Tapi sama kayak dulu masuk biologi dan ku santai aja kalo orang bingung sama pilihan jurusanku, sepertinya menjelaskan tentang kenapa aku akhirnya jadi ID juga akan jadi momen ngebingungin yang menyenangkan wkwk.

Anyway, semua ini bermula dari nyari kerjaan di hari Idul Adha. Pagi-pagi sebelum pada sholat ied, orang lain mungkin fokus beres-beres diri atau rerumahan. Aku hari itu buka jobstreet buat liat-liat lowongan. Saat itu gak banyak ekspetasi harus kerja di tempat dan profesi kayak apa, yang penting kerja dulu lah wkwk. Sebenernya, prinsip kayak gitu tuh agak beda sama sikap ku di waktu dahulu. Biasanya aku selalu sudah tahu mau kemana ketika lulus dari satu institusi. Ketika kemarin lulus kuliah, aku sok iye aja mau membangun jalan untuk bisa kerja di kampus. Sayangnya (dan syukurnya, karena mungkin memang sudah jalan dari-Nya), rencanaku gagal karena ndak bisa bulak-balik lab yang sudah ku sasar. 

Okk balik ke jobstreet. Akhirnya kita cari aja yang seru-seru ya kan. Seperti di bidang edukasi dan riset. Daftar juga jadi QC sambil ngebatin "engga gue banget sih ini jadi QC, tapi ya coba aja kali ya". Sempet juga iseng-iseng daftar BUMN, iseng-iseng tapi lama-lama kok ngarep ya aku wkwk.

Tapi tetep saja nyari-nyari kerja saat itu masih setengah hati, masih ngebayangin bisa kerja di tempat yang sudah disasar saja gitu. Di satu sisi, engga enak juga rasanya tinggal di rumah ortu tanpa ada kegiatan yang produktif. Jadi ya gas aja lah, mari kita telan perasaan-perasaan yang bertaburan.

Suatu hari pas lagi masak (tapi lupa masak apa, kayaknya yang ribet-ribet) eh dapet kabar untuk ikut tes dari kantor yang sekarang. Yang ku inget, waktu itu sempet ribet balesnya, soalnya tangannya lagi banyak tepung (ato apapun yang bikin susah ngetik). Sempet mikir dulu "ini kerjaan yang mana ya yang ngehubungin?", ya kan daftar kerjanya beberapa wkwk. Tapi akhirnya ngeuh kalo ini tawaran kerja sebagai "content developer". Yang ada di kepala ku: "Oh ya ngurus konten lah, paling nulis2 gitu". Ekspetasinya nulis konten aja gitu. Saat disuruh ikut tes, kita hayuk aja. Lagian tes masuk kantor yang ku ikutin sebelumnya juga seru-seru aja, jadi hayuk aja lah.

Pas dapet soal tesnya: jeng jeng. Lah bahagia banget diriku. Kita ga bocorin soalnya ya guys, mohon maaf, wkwk. Tapi intinya tesnya adalah seputar developing konten (YAIYALAH kan jadi content developer wakkaka) dan teaching skill. Dan bentuk soalnya ternyata adalah hal-hal yang dekat dengan keseharian ku. Maksudnya: sering ku kerjain semenjak sekulah :') apalagi pas kemarin akhir kuliah sempet jadi kakak guru les ya kan.

Meskipun rasanya seneng banget karena soal tesnya terasa 'dekat'. Tapi perasaan pengen nyerahnya ada juga sih, karena ku pikir: Ini yang daftar ribuan orang dan latar belakangnya lebih related, plus aku ngerjain tesnya lama bangeet wkwk. Tapi dibisa-bisain deh. 

Alhamdulillah akhirnya sampai juga diterima jadi anak baru.

Pas tahu bahwa sehari-hari akan bikin modul dan video pembelajaran, perasaannya senang dan takut wakaka. Seneng karena setiap hari bisa ngerjain apa yang aku suka: Belajar hal baru dan menyampaikan pembelajaran tersebut, ngutak ngatik kata-kata, bikin alur cerita, hehe hehe hehe. Takut karena kedengerannya canggih banget produknya wkwk, ya takut ga mumpuni aja secara teknis. Apalagi ternyata materi yang harus dikerjain ga ada yang di lingkup ilmu alam. bye biologi :') o tapi tentunya saja tidak bye bye banget, karena biologi punya banyak andil dalam hidupq.

Dan hari ini aku masih di sini~

Di rumah aja, soalnya kerjanya WFH karena masih juga pandemi.

Dari yang dulu pas interview polos banget bilang "Saya baru tau ada kerjaan kayak gini", sampe sekarang udah tau sih wakakak cuman masih penasaran banget sama dunia dan industrinya. Hal ini seems interesting for me, karena ngerasa fit banget sama konsep pekerjaan ini. Yha gatau sih, apakah ini akan bertahan for the rest of my life? apakah kelak ada kesempatan untuk terus step up my game? atau apakah kelak aku akan kembali ke ekologi serangga? wkwkwk.

Betapa menariknya hidup ini yesh.

Tinggal gimana kita memaksimalkan kesempatan yang Allah kasih, sebaik-baiknya.

Bismillah untuk year two and above~ 


Yang nulisnya semakin jumpy,
Triana

No comments:

Post a Comment